mengapa begitu? kenapa begini?

Mari cari tahu pertanyaan yang mungkin atau yang paling sering ditanyakan anak-anak kita..

Tumbuhan berasal dari mana?

Menurut teori-teori ilmiah pada berjuta-juta tahun yang lampau saat tidak ada tumbuhan yang tumbuh di bumi, muncul bintik-bintik kecil protoplasma (yang asalnya belum diketahui pasti). Bintik-bintik protoplasma ini merupakan unsur atau zat senyawa yang membentuk atau terdapat pada tumbuhan dan hewan. Protoplasma ini tumbuh dan berkembang membentuk kulit-kulit tebal dan mulai mengembangkan zat berwarna hijau (klorofil).  Zat hijau tersebut membantu protoplasma mengolah makanannya yang didapat dari udara, air dan tanah.

Pada zaman dahulu kala, tumbuhan hijau hanya bersel satu atau tunggal, tapi kemudian mereka beradaptasi dan bermutasi membentuk kelompok sel-sel baru yang lebih banyak. Karena tidak adanya perlindungan dari panas matahari dan kekeringan, tumbuhan pada zaman dahulu memilih untuk hidup didalam air. Tumbuhan jenis tersebut disebut ganggang “algae”.

Kebanyakan tumbuh-tumbuhan berevolusi dari ganggan menjadi tumbuhan yag berakar didarat. Setelah mereka beradaptasi dan mampu melindungi diri dari kekeringan, tumbuhan mulai berkembang-biak di darat. Mereka mengembangkan akar-akarnya dan mengembangkan daun-daunan kecil dengan selaput yang melindungi diri dari kekeringan akibat terpaan matahari. Tumbuhan-tumbuhan purba tersebut berubah menjadi tumbuhan jenis lumut dan pakis.

Seiring berjalan waktu tumbuhan jenis lumut dan pakis tersebut melakukan perkembangan repoduksi dengan pemecahan sel atau spora.  Perkembangan tumbuhan tersebut berlanjut sesuai dengan keadaan lingkungan di bumi yang kian berubah. Lalu tumbuhan tersebut kembali berevolusi dengan menumbuhkan bunga-bunga yang akan menghasilkan biji-biji benih tumbuhan yang kita kenal sekarang.

 

Sumber:  

  • Arkady Leokum, Still More Tell Me Why Chapter 1 The World we live in,Grosset & DunlapInc.,1978,h.1.
  • David Attenborough, Life on Earth, Princeton University Press, Princeton, New Jersey, 1981, h. 2

%d bloggers like this: